KPK RI Komitmen Kawal Dana Otsus Papua dan Papua Barat

0
80
Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK RI saat kunjungan di Manokwari
Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK RI saat kunjungan di Manokwari

KT – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Komitmen mengawal Dana Otonomi Khusus (Otsus) di Papua dan Papua Barat. Itu disampaikan Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata usai kegiatan di Manokwari.

“Kita tetap komitmen mengawal dana otonomi khusus, apalagi di Indonesia hanya ada 5 daerah khusus,” ujar Marwata di Manokwari, Kamis (25/2) kemarin.

Komitmen itu kata dia sesuai dengan yang sudah diinisiasi KPK, mulai dari pencegahan dan pengawasan, perizinan, alokasi dana desa, optimalisasi pendapatan daerah termasuk dana otsus.

‘Kita kawal agar benar-benar dana otsus yang dikucurkan pemerintah ini termanfaatkan dengan optimal, bena- benar untuk kesejahteraan masyarakat dan kita cegah jangan sampai diselewengkan,” ujarnya usai konfrensi pers hasil evaluasi perizinan perkebunan Kelapa Sawit di Papua Barat.

Dia meyakinkan bahwa komitmen itu bukan hanya dana otsus, melainkan semua anggaran pemerintah.

“Intinya sama, mau dana otsus maupun dana desa, kita kawal dengan baik agar tidak disalahgunakan,” tuturnya.

Jika terdapat penyalahgunakan dan ditindaklanjuti melalui proses hukum kata dia, KPK akan melakukan supervisi terhadap hambatan dalam proses penyelidikan Aparat Penegak Hukum (APH) di daerah.

“Kita bantu, hambatannya dimana. Kita koordinasi dalam penanganan perkara agar mereka profesional dan tidak diintervensi pihak lain,” tandasnya.

[Red/Ist]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here